Sabtu, 16 Oktober 2010

Pak Tani dan Kerbaunya


Di suatu desa di daerah Surabaya, jarum jam menunjukkan tepat pukul 11:00 WIB. Dengan tergopoh-gopoh,dari kejauhan tampak seorang perempuan tua membawa bakul dan ketel air. Rupanya dia dalam perjalanan mengirimkan bekal buat makan siang suaminya yang sedang membajak sawah yang tidak seberapa besar.
Sementara itu pak tani membajak sawah dengan dibantu seekor kerbau miliknya yang dipelihara sejak kecil hadiah dari kakeknya. Secara kebetulan..lenguhan sang kerbau etulan bisa dimengerti oleh pak tani, demikian juga sebaliknya sang kerbau mengerti apa yang dikatakan pak tani, dengan kata lain pak tani dan kerbaunya bisa saling berkomunikasi.
Serta merta melihat sang istri datang, pak tani berkata kepada kerbaunya "Gel,kiriman makanan sudah datang,ayo istirahat makan siang sebentar". Sang kerbau pun menjawab dengan lenguhan riangnya "Asyiiiiik....Oke coy,kita istirahat sebentar". Tak lama,tergelarlah tikar lengkap dengan asesorisnya..minuman ringan dingin, serta menu makan siang lengkap. Ada nasi, kentang goreng, burger, es krim serta minuman kegemaran pak tani dikala cuaca panas "soft drink dingin non alkohol".
Iseng-iseng di sela makan bersama (sang kerbau makan rumput tentunya), sang kerbau bertanya kepada pak tani dengan lenguhan khasnya. "Bos,sampean kan tahes. kok pake istirahat segala..?". Pak tani memjawab dengan mulut penuh makanan "Ya iyalah..manusia kan juga punya capek..Perlu istirahat sebentar..Emang kamu ga capek..?". Sang kerbau pun menjawab "Oyi bos..Bener sampean..Ayas yo cape juga..Kok Manusia ama Kerbau sama ya...".
Bertanya lagi sang kerbau kepada pak tani "Bos..Kalo istirahat..Sampean kok mesti minum..Haus juga taa..?". Masih dengan mulut penuh, pak tani menjawab "Yo mest tah..Namanya juga mahluk hidup..Kalo capek apalagi banyak keringat keluar gini ini..Pasti haus...La situ engga taa..?". sekali lagi kerbau kagum dengan jawaban pintar pak tani "Iyo yo...Sama lagi kita...?". Belum lama..sang kerbau bertanya lagi "la kalo makan..sampean juga kerasa laper taa..?". Dengan enteng pak tani menjawab "Laper itu gandengannya haus..Jadi kalo kita punya rasa haus..pasti juga punya rasa lapar..". Sang kerbau pun berujar lagi "Wah..bos...sekali lagi kita sama bos...". uru-buru pak tani menjawab "eiiits...jangan salah...persamaan kita hanya..kita sama-sama mahluk hidup..". Lagi-lagi sang kerbau menjawab.."Iyo yo....Kita memang sama...".
Setelah selesai menyantap hidangan yang dikirim istrinya, pak tani pun mencari tempat di bawah pohon untuk istirahat barang sejenak sembari membuka facebook di laptop baru miliknya. Begitu pula sang kerbau, dia membaringkan diri disamping pak tani. Tiba-tiba, dari mushola desa, terdengar nyaring suara adzan tanda waktu sholat dhuhur tiba. Pak tani masih saja asyik berfacebook tak menghiraukan suara adzan tersebut. Sang kerbau yang merasa tidurnya terganggu oleh suara adzan sontak berteriak "Woooeeey...siang bolong waktunya istirahat..kok teriak-teriak..!!" Pak tani terkejut dan menegur sang kerbau "John..itu bukan orang teriak-teriak..Itu suara muadzin mengumandangkan adzan..tanda waktu sholat untuk muslim sudah masuk...dan sebagai muslim kita harus bergegas melaksanakan kewajiban sholat itu..". Sang kerbau yang kebingungan hanya manggut-manggut "Sholat..Wajib..Segera...apa maksudnya..??". Pak tani pun dengan sok wibawa memberikan penjelasan "Sholat itu satu kewajiban kaum muslim..Ga ada alasan untuk meninggalkannya..Kalo sampe ditinggalkan..Siap aja menerima hukuman yang berat dari Allah tuhan manusia.....", kemudian dia pak tani menambahkan "La..sebaik apapun amalan kita..perilaku kita..selama kita hidup..apabila tidak sholat..maka dimata Allah tidak ada nilainya....makanya begitu terdengar suara adzan..segera...kita ke mushola..kita laksanakan sholat..". Semakin keras saja anggukan sang kerbau, lantas dia kembali bertanya "La...kalo kita sedang bekerja..??". Masih dengan serius ber facebook,pak tani menjawab "yo ditinggal...harus..!!". Sang kerbau tiba-tiba tertawa dengan kerasnya "Lak..pak Bos dewe gimana nie...Kok ga segera ke mushola..??". Dengan sigap,pak tani menutup laptopnya dan menarik sang kerbau untuk kembali bekerja sambil berkata "Nanggung..kerjaan kita kurang sedikit lagi..".
Dengan menahan tawa, sang kerbau berjalan mengikuti pak tani sambil berkata "Sekali lagi bos...ternyata kita memang SAMA...."...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar